KENAPA ADA ORANG RAJIN SHOLAT TAPI MAKSIAT JALAN TERUS..?? - El Majalis

Breaking

Mei 30, 2020

KENAPA ADA ORANG RAJIN SHOLAT TAPI MAKSIAT JALAN TERUS..??


Allah ta'la berfirman: "Sesungguhnya sholat itu dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar." (Qs. Al Ankabut: 45)

Mestinya orang yang yang sholat tidak bermaksiat atau menjahui maksiat TAPI realitanya ada orang Yang rajin sholat tapi maksiat tetap jalan.

Nah dimana masalahnya...??

Insya Allah penjelasan berikut bisa menjawab pertanyaan tersebut di atas.

️ Syaikh As Sa'di rh ketika menafsirkan surat al Baqarah ayat 3 berkata:

( وَيُقِيمُونَ الصَّلاةَ ) لم يقل: يفعلون الصلاة, أو يأتون بالصلاة, لأنه لا يكفي فيها مجرد الإتيان بصورتها الظاهرة. فإقامة الصلاة, إقامتها ظاهرا, بإتمام أركانها, وواجباتها, وشروطها. وإقامتها باطنا بإقامة روحها, وهو حضور القلب فيها, وتدبر ما يقوله ويفعله منها، فهذه الصلاة هي التي قال الله فيها: إِنَّ الصَّلاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وهي التي يترتب عليها الثواب. فلا ثواب للإنسان من صلاته إلا ما عقل منها.
Allah berfirman: "Dan mereka mendirikan Sholat." Allah tidak berfirman, mereka mengerjakan sholat atau melakukan sholat, karena belumlah dikatakan cukup hanya dengan mengerjakan sholat secara dhohir saja.

Mendirkan sholat maksudnya mendirkannya secara zhahir dengan cara menyempurnakan rukun-rukunnya,  kewajiban2nya dan syarat-syaratnya.

Mendirikan sholat secara bathin maksudnya dengan menghadirkan ruh sholat yaitu hadirnya hati ketika sholat dan meresapi apa yang dibaca dan dikerjakannya.

Sholat yang seperti inilah yang dimaksud dalam firman Allah: "Sesungguhnya sholat itu dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar."

Dan inilah sholat yang membuahkan pahala. Oleh karena itu,  seseorang tidaklah mendapatkan pahala dari sholatnya kecuali sesuai kadar yang dia pahami darinya (khusyu') (pent- sekalipun sah sholatnya tanpa khusyu', namun khusyu' inilah yang menentukan pahala sholat dan manfaatnya).

📚Tafsir As Sa'di

Jadi kesimpulannya adalah bahwa sholat yang dapat mencegah seseorang dari perbuatan keji dan munkar adalah sholat yang dilakukan secara sempurna dan berkualitas BUKAN sholat sebatas gerakan zhahir saja tanpa hadirnya hati di dalamnya.

Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas sholat kita.

Wallahu A'lam

Oleh: Ahmad Jamaluddin,  Lc.

Artikel: www.elmajalis.net

Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman