Pesan Al Qur'an Buat Pemberi Hutang - El Majalis

Breaking

April 22, 2020

Pesan Al Qur'an Buat Pemberi Hutang


Sahabat muslim dan muslimah, semoga Allah ta’ala senantiasa memberikan kemudahan kepada kita semua.
Allah berfirman:
"Jika dia sedang dalam keadaan sulit, maka tangguhkanlah (hutangnya) sampai dia mendapatkan kemudahan. dan jika kalian menyedekahkan (membebaskan hutangnya), maka hal itu lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui." (QS. Al Baqaroh: 280)
Dalam ayat di atas Allah ta’ala jelaskan bagaimana seharusnya sikap seorang mukmin terhadap saudaranya yang sedang kesulitan dalam membayar atau melunasi hutangnya.
#Allah ta’la menyebutkan dua sikap mulia yang hendaknya diperhatikan dan realisasikan terhadap saudaranya yang belum mampu membayar hutangnya.
Dalam ayat tersebut Allah ta’ala berikan dua pilihan:
Pilihan Pertama: Dia (pemberi hutang) memberi tangguh pelunasannya sampai ia (penerima hutang) mendapatkan kemudahan.
Sikap seperti ini adalah WAJIB.
Pilihan Kedua: Dia membebaskan hutangnya atau memutihkannya.
Sikap seperti ini MUSTAHAB (dianjurkan).
#Kemudian Allah tegaskan bahwa sikap yang kedua lebih utama daripada yang pertaama.
Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa ingin mendapatkan naungan Allah pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, maka hendaklah dia memudahkan orang yang kesulitan (membayar hutang) atau membebaskan (hutangnya.)” (HR. At Thobrani)
Dalam riwayat lain disebutkan: “Barangsiapa yang memberikan tangguh (pembayaran hutang) kepada orang yang sedang kesulitan maka dia akan mendapatkan (pahala) sedekah setiap hari sebesar hutang (yang dia tangguhkan tersebut).”    
#Catatan: Tapi jika orang yang berhutang tersebut sengaja menunda-nunda pembayaran padahal dia mampu melunasinya maka ia telah berbuat zholim terhadap pemberi hutang.
Oleh karena itu, para ulama menyatakan bahwa pemberi hutang diperbolehkan baginya melakukan hal-hal yang dibenarkan syariat terhadap orang tersebut agar haknya bisa dikembalikan.
Wallahu A’lam

Artikel: elmajalis.net                                                                                                                                                                       


Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman